Wednesday, May 15, 2013

SHELTER, ACCESS CONTROL SECURITY SYSTEM TRAINING

Access Control PT Bayer Cropscience, Rungkut Industri Surabaya
Menurut definisi dari CISSP (Certified Information System Security Profesional) Study Guide, Access Control didefinisikan sebagai suatu proses untuk mengatur / mengontrol siapa saja yang berhak mengakses suatu resource-rosource tertentu yang terdapat di dalam sebuah sistem

Access control PT Bayer Cropscience
Rungkut Industri, Surabaya
Berdasarkan jenisnya acces control dibagi menjadi tiga, yaitu : physical access control, administrative access control dan logical access control. Ketiga jenis tersebut merupakan dasar acess control yang perlu dipahami dan dikuasai oleh security guard sebagai bagian penting dalam menjalankan acces control tersebut.

PT SHELTER NUSANTARA sebagai perusahaan dengan core bisnis dunia pengamanan menyadari hal tersebut sebagai bagian penting dari pengetahuan dan dasar-dasar yang harus dimiliki oleh seluruh anggota security dibawah naungan PT SHELTER NUSANTARA. Pelatihan access control dilakukan di berbagai site yang telah dipercayakan sistem pengamanannya kepada PT SHELTER NUSANTARA, salah satunya adalah PT BEIRSDORF.

Access control training oleh Bapak Iwan Sujatmiko
di PT BEIRSDORF
Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 24 April 2013 di PT BEIRSDORF tentang access control diberikan langsung oleh bapak Iwan Sujatmiko selaku Operational Technical Support PT SHELTER NUSANTARA di hadiri oleh seluruh security yang bertugas di lingkungan kerja PT BEIRSDORF baik organik dan anggota SHELTER. Training tersebut menitik beratkan pada pengetahuan security guard terhadap apa itu access control. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan dapat membantu terwujudnya, Confidentiality yaitu memastikan data hanya bisa dilihat oleh orang yang memiliki hak akses untuk melihat data tersebut atau dikenal dengan istilah No Unauthorized Read dan Integrity yaitu memastikan data hanya bisa ditulisi dan diubah oleh orang yang memiliki hak akses untuk melakukan penulisan ataupun pengubahan terhadap data tersebut atau dikenal dengan istilah No Unauthorized Write.


Access control training oleh Bapak Iwan Sujatmiko
di PT BEIRSDORF
Training tersebut menjelaskan mengenai tiga jenis access control seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Yang pertama physical access control dimana didalamnya terdapat tiga bentuk, yang pertama yaitu perimiter security yang bertujuan untuk membatasi akses masuk ke area dimana resource berada. Yang kedua adalah cable protection yang intinya adalah melindungi berbagai piranti yang berhubungan dengan source dan yang ketiga adalah pembagian area kerja yang bertujuan untuk meminimalisir shoulder surfing. Shoulder surfing adalah dimana seorang karyawan dapat melihat aktifitas karyawan lain dari balik bahu. Bahayanya ialah kebocoran password dan berbagai hal yang berkaitan dengan aktifitas karyawan dalam perusahaan.

Access control training oleh Bapak Iwan Sujatmiko
di PT BEIRSDORF
Jenis access control yang lain adalah administrative access control. Administrative access control berisi mengenai sekumpulan peraturan dan strategi untuk membatasi akses terhadap resource tertentu dengan tujuan pengamanan sistem. Pada jenis ini ada 4 point penting, yaitu mengenai policies & procedure, hiring pratice, security awareness training, dan monitoring. Point-point tersebut merupakan point-point yang selalu dijalankan PT SHELTER NUSANTARA pada setiap site yang telah dipercayakan sistem pengamanannya kepada PT SHELTER NUSANTARA. Jenis access control yang ketiga adalah logical access control. Pada jenis ini yang ditekankan adalah hal-hal teknis yang diberlakukan untuk melakukan pengaturan / pengendalian akses terhadap resource-resource yang ada di dalam suatu sistem. Dari jenis-jenis tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan dari access control adalah memastikan seluruh hal yang melalui akses keluar maupun masuk area tertentu ( orang, barang, dan kendaraan ) teridentifikasi oleh security, memastikan dapat mengidentifikasi sesuai peruntukan atau keperluan yang bersangkutan dan lost preventif. Begitulah materi training yang diberikan secara langsung oleh Bapak Iwan Sujatmiko.

Access control PT Bayer Cropscience
Rungkut Industri, Surabaya
Access control tersebut telah dijalankan di site-site yang dipercayakan kepada PT SHELTER NUSANTARA. Salah satunya adalah di PT BAYER CROPSCIENCE. Site tersebut telah menjalankan access control dengan baik. Hal tersebut terbukti dari bagaimana Security Guard PT SHELTER NUSANTARA menjalankan segala hal yang termasuk access control terhadap setiap orang, kendaraan dan barang yang masuk maupun keluar dari site tersebut. Seperti terlihat dalam gambar yang diambil saat berkunjung ke PT BAYER CROPSCIENCE.

Security guard PT SHELTER NUSANTARA yang bertugas di PT BAYER CROPSCIENCE di bawah koordinasi Bapak Heri Winarno selaku site coordinator PT SHELTER NUSANTARA memperlihatkan kesigapan dan kesiapan personil dalam menjalankan access control di site tersebut

Access control merupakan improvement dan bagian penting dalam sistem management pengamanan. PT SHELTER NUSANTARA merupakan perusahaan yang menyadari bagaimana pentingnya pengetahuan dan implementasi access control kepada setiap security guard yang merupakan personil dari PT SHELTER NUSANTARA. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk seni pengamanan yang selalu dikembangkan agar menjadi karya seni dan profesionalitas yang berguna bagi customer, masyarakat, bangsa dan negara.


No comments:

Post a Comment