Wednesday, March 10, 2010

SEMEN GRESIK PROYEK TUBAN IV

Semua orang mengenal perusahaan BUMN yang sangat strategis dan terkenal dalam produksi semen di negeri ini.  PT Semen Gresik (Persero) Tbk saat ini sedang melangsungkan proyek pembangunan pabrik Tuban IV, di Jenu, Tuban, yang diperkirakan akan selesai pada quartal satu 2012.

Setelah melalui perjalanan yang sangat panjang sejak dibukanya tender untuk jasa pengamanan, dengan persyaratan yang cukup tough, kompetisi yang sangat ketat, pembicaraan dan negosiasi yang cukup menegangkan, Shelter berhasil memenangkan kontrak untuk penyediaan dan pengelolaan pengamanan Proyek Tuban IV per 1 Maret 2010.

Medan yang cukup berat ditambah dengan pengelolaan hubungan dengan masyarakat sekitar lokasi proyek yang cukup delicate, memerlukan perhatian khusus yang menuntut Shelter untuk dapat secara fleksibel dalam pengelolaan tanpa mengorbankan prinsip-prinsip keselamatan dan keamanan untuk proyek yang sangat penting ini.


Setelah Shelter dinyatakan sebagai pemenang tender, walaupun sudah dilakukan jauh-jauh hari pada saat proses tender bersama para peserta tender, Site Tour dilakukan sekali lagi kali ini oleh Operations Management Team Shelter yang dipimpin oleh Pak Didin Iswantoro, Operations Manager untuk wilayah Jatim, didampingi Pak Abdul Wachid , Area Supervisor Jatim 2 dan Pak Heri Winarno, Kepala Security Internal Auditor beserta beberapa team "cucuk lampah" untuk persiapan penempatan.  Site Tour ini dilaksanakan bersama dengan Jajaran SHE & Security Management Team Semen Gresik Proyek Tuban IV yang dikomandani oleh Ir. Nasipan.

Secara maraton, menyusul Site Tour, gabungan team Shelter - Komersial dan Legal bersama dengan team Semen Gresik dari Procurement, SHE & Security Management, dan Legal bersama-sama membahas draft kontrak sehingga redaksi kontrak benar-benar secara komprehensif mendokumentasikan semua hak dan kewajiban masing-masing Pihak.  Pembahasan cukup alot, dilaksanakan di kantor Semen Gresik di Gresik dari mulai pukul 14:00 sampai 21:30 non stop.  Saya harus mengakui ketangguhan dan profesionalisme segenap team Semen Gresik dalam melaksanakan tugas.  Yang nampak di foto ini dari team Semen Gresik adalah Bapak Nasipan selaku user, Bapak Durain Parmanoan selaku Procurement Manager, Bapak Dimas dan Bapak Jibril dari team legal, selain perwakilan dari Team Shelter.


Penandatanganan kontrak diilaksanakan dalam suasana yang sangat bersahabat, kembali Management Team Shelter dan Semen Gresik bertemu untuk secara simbolis menandatangani dan menyerahkan berkas kontrak kepada masing-masing pihak.  Dalam kesempatan ini hadir Bapak Widodo, Operations Director PT Shelter Nusantara.  Nampak pada foto di samping, Bapak Nasipan dan Bapak Widodo berjabat tangan dan saling menerima berkas kontrak, di dampingi Team Procurement Semen Gresik Bapak Durain Parmanoan dan Bapak Yohanes Sindu.  Partnership Shelter-Semen Gresik Tuban IV dengan demikian dimulai.


Maka pada pagi hari yang cerah  di bulan Maret, pelaksanaan pekerjaan di mulai.  Personnel, peralatan, kendaraan patroli sudah siap di site Tuban IV.  Nampak Bapak Nasipan memberikan pengarahan pada apel perdana security.  Salah satu dari wejangannya adalah bahwa tugas pengamanan security sangat penting bagi kesuksesan proyek pembangunan pabrik Tuban IV yang menelan biaya lebih dari 3 trilyun.


Pertama di tahun ini bendera Shelter berkibar di Tuban, sehingga melayani customer dengan nama dan profile perusahaan sebesar Semen Gresik merupakan salah satu kehormatan terbesar bagi Shelter.
Selamat bertugas dan selamat melayani kepada jajaran Operations Management Shelter dan segenap team security di Semen Gresik Tuban IV.

No comments:

Post a Comment