Tuesday, May 7, 2013

DRILL BORGOL

"Borgol adalah alat penahan yang dirancang untuk menyatukan kedua pergelangan tangan seseorang. Terdiri dari dua gelang yang dihubungkan dengan rantai pendek, setiap gelang dapat dibuka dan ditutup dengan kunci. Pemborgolan biasanya dilakukan untuk mencegah seseorang melarikan diri dari tahanan. Ada juga borgol kaki, borgol tangan yang memiliki borgol jempol, dan lain-lain. Borgol dapat dibuat dari baja tahan karatbaja karbonaluminium, atau polimer." (http://id.wikipedia.org/wiki/Borgol). 


Definisi dari wikipedia.org tersebut merupakan definisi mengenai salah satu kelengkapan Security di lapangan yaitu borgol. 

Secara umum borgol hanya dapat digunakan untuk mencegah seseorang melarikan diri. Namun pelatihan yang dilakukan oleh SHELTER Security, menunjukkan fungsi lain dari borgol. Borgol selain sebagai alat pemborgol juga dapat digunakan sebagai alat penangkis dan pemukul. 


Begitulah pelatihan di site Hotel Bumi Surabaya pada 30 April 2013 kemarin yang dipimpin oleh bapak Sudibyo Quality Assurance & Audit Coordinator PT SHELTER NUSANTARA.




Pelatihan drill borgol tersebut menekankan gerakan-gerakan bagaimana menggunakan borgol sebagai alat pemborgol, sebagai alat pemukul dan sebagai alat penangkis. Terlihat semua security mencoba gerakan menggunakan borgol sebagai alat pemukul yang diperagakan Bapak Sudibyo. 
Dengan penuh semangat Security SHELTER yang saat itu bertugas  di Site Hotel Bumi Surabaya mengikuti rangkaian gerakan tersebut.Yang terakhir adalah rangkaian gerakan menggunakan borgol sebagai alat penangkis. 

Rangkaian-rangkaian gerakan tersebut perlu ditekankan kepada seluruh security sebagai pengetahuan dasar sekaligus sebagai bagian dari bekal security SHELTER saat bertugas menjaga site yang telah dipercayakan kepada PT SHELTER NUSANTARA. Hal tersebut merupakan upaya PT SHELTER NUSANTARA dalam menjamin kepercayaan yang telah diberikan customer kepada PT SHELTER NUSANTARA. Semangat yang muncul saat pelatihan tersebut merupakan bentuk loyalitas dan kompetensi yang dimilki oleh Security SHELTER di lapangan.




1 comment: